Review Harga Kamera Canon EOS 80D dan Spesifikasi

AneKamera - Baru-baru ini Canon ikut meramaikan persaingan dalam dunia fotografi 2016. Dalam ajang tersebut Canon mengumumkan tiga kamera baru yang untuk tiga level sekaligus. Salah satu yang mewakili level profesional adalah Canon EOS 80D. Kali ini AneKamera akan memberikan review Canon EOS 80D yang nantinya bakal menjadi pesaing kuat dari para kompetitor di kelas yang sama. Untuk level pro kamera Canon EOS 80D akan bersaing ketat dengan Nikon D500 yang juga hadir sebgai kompetitor di level pro. Kali ini Canon mengusung berbagai kekuatan dalam fitur maupun teknologi fotografi. Dua raksasa dunia fotografi tersebut selalu hadir dengan berbagai inovasi yang mutakhir, bahkan seringkali justru membuat orang bingung untuk memilih mana yang terbaik. Canon selalu optimis dan terus memberikan inovasi baru yang sangat ditunggu oleh para penggemarnya, namun begitu kompetitor dari merk yang lain juga tak kalah hebat memberikan berbgai teknologi baru yang saling melengkapi.

Sebagai salah satu produsen besar dalam dunia fotografi Canon tak pernah setengah-setengah dalam memanjakan para pecintanya. Maka tak salah jika Canon EOS 80D memberikan yang terbaik kepada para pengguna setia kamera Canon. Kali ini Canon EOS 80D hadir dengan berbagai fitur kunci seperti meningkatnya resolusi sensor APS-C CMOS 24.2 Megapixel, cakupan viewfinder yang meningkat, sistem autofokus baru, prosesor DIGIC 6 baru dan banyak lagi peningkatan yang dilakukan untuk Canon 80D. Tak heran jika kemudian para penguna setia kamera Canon aka berlomba untuk mengupgrade kamera lamanya untuk beralih kepada kamera baru yang lebih canggih. Bagi para fotografer yang ingin meningkatkan levelnya ketingkat yang lebih tinggi kamera ini sangat cocok sebagai produk yang mampu memuaskan para penggunanya. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat penjelasan singkat dari kamera Canon EOS 80D seperti yang berikut ini.

Review Harga Kamera Canon EOS 80D dan Spesifikasi

Sensor

Sensor yang digunakan pada kamera baru Canon EOS 80D merupakan sensor APS-C CMOS 24.2 Megapixel. Sensor ini dianggap bisa sangat membantu dalam menghasilkan gambar menakjubkan dengan resolusi dan detail yang tinggi. Namun tidak hanya mengandalkan hasil gambar beresolusi tinggi saja, dengan sensor canggih tersebut diharapkan Canon juga memberikan fitur pixel individu yang halus, dengan demikian memungkinkan kecepatan ISO tinggi hingga 16000 untuk foto dan bisa diupgrade hingga 25600. Sedangkan untuk merekam video kamera bisa menggunakan ISO 12800 dan bisa ditingkatkan hingga 16000 atau 25600. Dengan dilengkapi oleh resolusi sensor yang tinggi dan juga sensitivitas yang tinggi, sensor EOS 80D akan bekerja sama dengan mesin pengolahan gambar DIGIC 6 untuk mengaktifkan Dual Pixel CMOS AF selama digunakan untuk operasi live view, atau saat menangkap video Full HD 60fps dan Full HD HDR movies.

Image processor

Memanfaatkan mesin pengolah gambar DIGIC 6, Canon EOS 80D bisa membantu memberikan gambar yang sangat baik dan kecepatan pemrosesan untuk pengoperasian foto maupun video. Dengan mesin pengolahan gambar tersebut sensitivitas cahaya yang tinggi memungkinkan untuk menggunakan resolusi tinggi dengan lebih sedikit noise untuk pengambilan gambar pada kondisi rendah cahaya menggunakan ISO 12800. Prosesor gambar DIGIC 6 juga merupakan kekuatan dari Canon untuk memberikan kemampuan kerja kamera, salah satunya adalah memberikan resolusi berkecepatan tinggi secara penuh untuk continous shooting foto dan koreksi distorsi dalam kamera. Kemampuan merekam video dengan format MP4 akan menyediakan kopatibilitas yang baik dengan perangkat mobile maupun tablet. Kompres tinggi video MP4 tidak hanya menjaga ruang pada memory card saja, akan tetapi juga meningkatkan playback pada perangkat mobile. Sedangkan merekam video HD menggunakan fitur HDR movie memberikan kreativitas yang lebih luas.

Dual Pixel CMOS AF

Menggunakan sistem autofokus baru dengan memanfaatkan Dual Pixel CMOS AF bisa membantu pengguna dalam merekam video dengan halus, cepat dan autofokus yang akurat, serta menembak gambar diam lebih mudah dan juga autofokus yang tepat. Sistem AF yang telah ditingkatkan ini membantu autofokus secara cepat dan halus selama live view dan shooting film. Secara mudah dapat dijelaskan bahwa sistem autofokus meningkatkan kecepatan, melakukan pelacakan secara halus dan kompatibilitas dengan semua lensa EF dan EF-S. Sistem autofokus ganda ini merupakan teknologi yang sangat diunggulkan, mampu menyediakan stellar AF dan pelacakan yang baik bahkan dalam kondisi pemotreatan yang sulit sekalipun. Teknologi Canon yang satu ini dimungkinkan dengan menempatkan dua dioda per pixel, bukan cuma satu, dengan demikian memungkinkan setiap pixel untuk melakukan perbedaan fase deteksi autofokus. Hal ini berarti AF cepat, AF akurat dan hampir tidak kehilangan kualitas gambar dengan cakupan diperpanjang sekitar 80% dari image plane.

Manfaat yang jelas dari Dual Pixel CMOS AF untuk video shooting adalah membawa adegan dan subjek mejadi fokus merupakan elemen penting sebagai komposisi akhir. Pada kamera ini Dual Pixel CMOS AF membantu memastikan fokus dicapai secara alami dan tepat, bahkan ketika beralis antara subjek. Dikombinasikan dengan kekuatan prediksi dari ovie Servo AF, subjek yang bergerak lebih lancar dan secara konsisten dilacak.

45-point all cross-type AF system

Untuk operasi tingkat lanjut dari sistem AF, EOS 80D memiliki erea yang luas dengan 45-point all cross-type AF system (jumlah titik AF, cross-type titik AF dan dual cross-type titik AF bervariasi dan tergantung pada lensa yang digunakan). Meskipun dalam kondisi cahaya yang redup, sistem ini telah meningkatkan kinerja pencahayaan rendah hingga EV-3 dan kompatibel dengan kebanyakan lensa EF (lensa dengan aperture maksimal f/8 atau lebih tinggi, untuk beberapa lensa dengan extender yang terpasang mungkin akan beroperasi pada maksimal 27 poin). Sistem ini juga memiliki 4 jenis mode pilihan area AF yang berguna untuk situasi AF yang berbeda. Pilihan tersebut termasuk Single-point AF, Zona AF, di mana pengguna dapat memilih salah satu dari 9 zona AF yang telah ditetapkan. Besar zona AF dimana saah satu dari tiga zona bisa dipilih, dan 45-point AF merupakan pilihan auto, dalam hal ini kamera mendeteksi titik AF secara otomatis.

Intelligent Viewfinder

Jendela bidik cerdas yang digunakan pada kamera ini memberikan pandangan yang cerah dan komprehensif. Intelligent viewfinder membantu membawa pengguna ke dalam sensai fotografi SLR untuk setiap penggunaan. Intelligent viewfinder ini memberikan cakupan pandangan sekitar 100%, dan dengan semua pengaturan yang mudah intelligent viewfinder membantu pengguna menjaga mata pandangan pada subjek, dengan demikian gambar dapat ditangkap pada waktu yang tepat. Intelligen viewfinder menampilkan titik AF dan mode AF, memiliki layar grid, tingkat elektronik horizontal dan ditambah berbagai poin informasi lain, llebih hebatnya lagi semua itu bisa disembunyikan untuk fokus secara manual atau pada saat pengguna hanya ingin mengamati subjek tanpa semua parameter gambar yang ditampilkan.

7.0 fps continuous shooting

Canon EOS 80D seperti dijelakan sebelumnya memiliki kinerja dengan kecepatan dan keakuratan tinggi. Demikian juga untuk menembak gambar terus menerus, EOS 80D merupakan kamera yang sangat luar biasa dengan kecepatan 7.0 fps. Rana yang luar biasa dipadukan dengan kecepatan dan elektronik yang canggih, membantu memastikan respon kilat dan kinerja. Suatu adegan yang terjadi dengan cepat dapat ditangkap dari waktu ke waktu, detik demi detik, sehingga sebuah adegan yang terjadi secara singkat bisa saja ditangkap dalam kejelasan yang tinggi.


Vari-angle Touch Screen 3.0-inch Clear View LCD Monitor II

Kamera baru Canon ini hadir dengan Vari-angle Touch Screen 3.0-inch Clear View LCD Monitor II untuk membantu dalam pengambilan gambar video dan stills dari berbagai sudut, tinggi maupun rendah bahkan hingga 270 derajad rotasi vertikal dan 175 derajad rotasi horizontal. Baik melakuka penembakan dengan tripod atau digenggam, layar LCD ini tetap unggul dalam pembuatan film hampir dari sejumlah sudut dan posisi, sehingga kamera ini dapat digunakan dengan mudah untuk merekam berbagai adegan secara langsung. Layar sentuh yang sensitif mampu mmeberikan intuitif operasi panel sentuh. Gestur dengan sentuhan dua jari bisa digunakan untuk zoom atau mengubah gambar. Menu dan pengaturan cepat bisa dengan mudah diakses, sedangkan titik fokus dan shutter release bisa diaktifkan dengan sentuhan ujung jari menggunakan Touch AF. Layar ini menampilkan detail halus dengan sekitar 1.04 juta titik. Monitor ini juga dilapisi dengan lapisan tahan noda untuk membantu meinimalisir sidik jari dan mempertahankan kecerahan, bahkan dalam kondisi terang.

Daya tahan shutter

Canon EOS 80D dilengkapi dngan sistem shutter mekanik kukatan tinggi dan kecepatan yang dikontrol secara elektronik dari 1/8000 hingg 30 detik. Dengan peningkatan mirror drive memungkinkan kecepatan tinggi, kinerja rendah getaran, dan bahkan memilikimodus diam hingga 3 fps, terus menerus dan penggunaan tenang. Shutter rate mencapai 100.000 exposure, hingga bisa diprediksi waktu kinerja yang handal time after time dan frame after frame.

Built-in Wi-Fi dan NFC

Teknologi lain yang juga sangat penting sebagai kamera modern adalah ditanamkannya teknologi nirkabel yang tepat di dalam desain yang kompak. Pengaturan axposure kamera, seperti aperture, shutter speed, ISO, fokus dan shutter bisa dioperasikan secara nirkabel menggunakan iOS atau Android perangkat yang kompatibel memanfaatkan aplikasi gratis Canon Camera Connect. Dengan teknologi ini pengguna bisa melakukan penembakan dari jarak jauh, Bahkan dalam mode live view, untuk menembak pada posisi yang sulit untuk capture. Untuk meninjau gambar pada kamera ini oengguna bisa melakukannya tanpa harus mengeluarkan kamera dari dalam tas dan bisa mentransfer dan menyimpan gambar langsung dari kamera ke smartphone.

Built-in NFC (Near Field Communication) membantu menyediakan koneksi hampir tanpa batas ke berbagai smartphone/tablet berbasi OS Android yang kompatibel dan Canon Connect Station CS100. Untuk mentransfer foto aupun video cukup dengan menekan tombol kamera ke Connect Statin CS100 maka transfer berjalan.

Demikian review kamera Canon EOS 80D secara singkat di atas, dengan penjelasan di atas kami harapkan calon pengguna mengerti tentang apa yang ditawarkan ole Canon melalui EOS 80D terbaru. Kamera pro level ini sangat baik menjadi rekomendasi calon pengguna yang ingin meningkatkan kamera lama atau bagi calon pengguna yang akan beralih ke tingkat yang lebih tinggi. Kamera ini akan segera dirilis pada 25 Maret ini di luar negeri seharga $1,199.00atau sekitar 15,6 juta untuk body saja. Untuk itu segera siapkan dana untuk mendapatkan kamera keran ini. Untuk melihat harga kamera Canon yang lebih lengkap, kunjungi daftar harga kamera Canon terbaru. Dan untuk melihat lebih dalam silahkan lihat spesifikasinya di bawah ini.

Spesifikasi Canon EOS 80D

Body type
Body type Mid-size SLR
Sensor
Max resolution 6000 x 4000
Image ratio w:h 1:1, 4:3, 3:2, 16:9
Effective pixels 24 megapixels
Sensor photo detectors 26 megapixels
Sensor size APS-C (22.5 x 15 mm)
Sensor type CMOS
Processor DIGIC 6
Image
ISO Auto, 100-16000 (expands to 25600)
Boosted ISO (maximum) 25600
White balance presets 6
Custom white balance Yes
Image stabilization No
Uncompressed format RAW
JPEG quality levels Fine, normal
Optics & Focus
Autofocus Contrast Detect (sensor)
Phase Detect
Multi-area
Center
Selective single-point
Tracking
Single
Continuous
Touch
Face Detection
Live View
Manual focus Yes
Number of focus points 45
Lens mount Canon EF/EF-S
Focal length multiplier 1.6×
Screen / viewfinder
Articulated LCD Fully articulated
Screen size 3″
Screen dots 1,040,000
Touch screen Yes
Screen type TFT LCD
Live view Yes
Viewfinder type Optical (pentaprism)
Viewfinder coverage 100%
Viewfinder magnification 0.95×
Photography features
Minimum shutter speed 30 sec
Maximum shutter speed 1/8000 sec
Aperture priority Yes
Shutter priority Yes
Manual exposure mode Yes
Subject / scene modes Yes
Built-in flash Yes
Flash range 12.00 m (at ISO 100)
External flash Yes (via hot shoe)
Continuous drive 7.0 fps
Self-timer Yes (2 or 10 sec)
Metering modes Multi
Center-weighted
Spot
Exposure compensation ±5 (at 1/3 EV, 1/2 EV steps)
Videography features
Resolutions 1920 x 1080 (60p, 30p, 24p), 1280 x 720 (60p, 30p)
Format MPEG-4, H.264
Videography notes Choice of ALL-I or IPB codecs
Microphone Stereo
Speaker Mono
Storage
Storage types SD/SDHC/SDXC (UHS-I support)
Connectivity
USB USB 2.0 (480 Mbit/sec)
HDMI Yes (mini-HDMI)
Microphone port Yes
Headphone port Yes
Wireless Built-In
Wireless notes 802.11/b/g/n with NFC
Remote control Yes (Wired, wireless, or via smartphone)
Physical
Environmentally sealed Yes
Battery Battery Pack
Battery description LP-E6N lithium-ion battery & charger
Battery Life (CIPA) 960
Weight (inc. batteries) 730 g (1.61 lb / 25.75 oz)
Dimensions 139 x 105 x 79 mm (5.47 x 4.13 x 3.11″)
Other features
Orientation sensor Yes
Timelapse recording Yes
GPS None


Blog, Updated at: 12.38