Review Harga Kamera Nikon D500 dan Spesifikasi Lengkap

AneKamera - Nikon kembali memperkenalkan kamera DX format di tahun ini. Sebuah kamera yang diperuntukkan bagi para fotografer pro ini akan kembali menjadi sorotan para penggemarnya. Kali ini kami akan memberikan review kamera Nikon D500 sebagai kamera DX format terbaru yang selanjutnya bisa menjadi sahabat sejati anda dalam mengabadikan peristiwa menarik yang terjadi dalam hidup anda. Kamera ini memiliki berbagai teknologi dan fitur menarik yang bisa memanjakan para pengguna dalam menciptakan sebuah gambar maupun video dengan kualitas yang menakjubkan. Kamera yang di gadang-gadang sebagai pengganti kamera Nikon D300 ini akan segera hadir dengan berbagai peningkatan yang sangat menakjubkan. Kamera ini menjejalkan sensor dengan 21 megapixel efektif dengan dukungan prosesor gambar EXPEED 5. Kombinasi ini juga sekaligus mampu menghasilkan video dengan kualitas 4K UHD yang sangat apik.

Secara singkat kamera ini bisa digambarkan sebagai kamera DSLR DX-format dengan fitur pro-level yang mampu memberikan penanganan yang sangat gesit, artinya kamera ini mampu bekerja dengan kecepatan dan kekuatan pemrosesan yang sangat kestrim di dalam body yang kompak dan ringan. Dengan kemampuan yang sangat menakjubkan dan kecepatan yang luar biasa, Nikon D500 bisa saja dianggap sebagai kamera yang bahkan bakal dicari setelah kamera Nikon D300S. Beberapa fitur dan teknologi yang dimilikinya juga telah diterapkan pada kamera DSLR full frame terbaru Nikon D5. Beberapa hal yang merupakan fitur baru tersebut antara lain Multi-Cam 20K, sistem AF 153-titik dan capture video 4K UHD. Untuk kemudahan berbagai kamera ini juga menyematkan built-in Nikon SnapBridge yang canggih.

Tak heran jika kemudian banyak yang penasaran seperti apa fitur dan teknologi yang ditawarkan oleh Nikon D5 bagi para penggemarnya. Namun para pengguna diharapkan untuk bersabar karena kamera baru pengganti Nikon D300 ini baru akan dirilis pada bulan April 2016 mendatang. Sambil menunggu kamera baru ini dirilis, anda bisa mempersiapkan dana sebesar $1,996.95 atau sekitar 26 jutaan untuk mendapatkan kamera keren ini. Sebagai obat rasa penasaran kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai apa saja yang dibawa Nikon D500 untuk para penggemarnya, silahkan simak yang berikut ini.

Review Harga Kamera Nikon D500 dan Spesifikasi Lengkap
Sensor

Sensor kamera sebagai inti dari sebuah kamera merupakan hal yang terpenting dalam menciptakan sebuah gambar dengan kualitas menakjubkan. Untuk memenuhi keinginan tersebut Nikon D500 menjejalkan sensor APS-C CMOS dengan resolusi 21 megapixel efektif. Sensor ini tidak saja berkerja dengan sempurna namun dikombinasikan dengan prosesor EXPEED 5 yang canggih mampu menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik dengan kecepatan yang sangat luar biasa. Maka tak heran jika kemudian kamera ini layak sebagai pengganti kamera kamera yang ada dalam jajaran kamera pro level sebelumnya.

Prosesor gambar

Menghadirkan sebuah kecepatan menembak yang sangat luar biasa menjadi kebanggaan bagi sebuah kamera. Dengan pertimbangan tersebut Nikon D500 memenuhi tuntutan tersebut dengan menghadirkan image processor EXPEED 5 sebagai alatnya. Dikombinasikan dengan sensor gambar yang dirancang untuk pembacaan lebih cepat, EXPEED 5 mengerjakan pengolahan gambar dengan kecepatan kerja yang jauh lebih tinggi. Kombinasi tersebut mampu memberikan kecepatan menembak terus menerus hingga 10 fps. Bersama dengan kecepatan wakt rilis lag 50ms berarti Nikon D500 bisa mengambil hingga 200 tembakan dalam format JPEG dan 14-bit RAW terkompresi.

Dengan EXPEED 5 sebagai mesin pengolahan gambar yang baru, D500 memiliki kemampuan gambar dengan perhitungan yang tangguh. Hal ini memungkinkan kamera melakukan penanganan data sensor pada kecapatan tinggi. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa kemampuan baru dari mesin pengolahan gambar mampu berjalan hingga 10fps serta mampu merekam video dengan kualitas 4K UHD (3840x2160/30p). Hal ini sekaligus mengadopsi kemampuan algoritma dalam mengurangi kebisingan (noise) yang meningkat tajam sekaligus lebih efektif dari sebelumnya. Selain itu pada kamera baru ini mesin pemroses gambar bahkan mampu meningkatkan tekstur, dan gradasi tonal dapat direproduksi dengan lebih halus.

Viewfinder

Sebuah viewfinder yang stabil mampu memfasilitasi pelacakan subjek yang bergerak dengan cepat menggunakan kecepatan tinggi pemotretan terus menerus dan mekanisme cermin D500 mempekerjakan berbagai langkah untuk mencapai visibilitas yang lebih baik dalam situasi seperti itu. ini merupakan hasil pengembangan mekanisme mirror drive assist yang mempercepat cermin sebelum selesai bergerak ke atas, sementara coreless motor mengurangi kecepatan sebelum selesai bergerak ke bawah. Mirror balance pada kamera ini juga memberikan secara efektif dalam bouncing, yang pada akhirnya mampu mengurangi gambar blur di jendela bidik.

Pentaprisma kaca besar yang digunakan di viewfinder optik D500 ini memberikan sudut pandang diagonal sekitar 30.8 derajad, ini merupakan sudut padang terluas yang pernah ada pada kamera Nikon. Selain itu viewfinder ini juga menawarkan sekitar 1.0x pembesaran. Pengguna dapat melacak subjek secara real time di seluruh bidang padang yang lebar, tanpa sedikitpun waktu tertinggal seperti yang biasa terjadi dalam viewfinder elektronik, sehingga pengambilan gambar terus menerus akan menjadi lebih nyaman. Sebah layar EL organik dimasukkan ke dalam tampilan informasi (di bawah bidang gambar). Hal ini memberikan peningkatan visibilitas bahkan di siang hari yang cerah. Untuk kamera sekelas D500 sudah bisa menikmati rounded eyepiece seperti yang digunakan oleh D5.

Keunggulan dalam telophoto

Sementara hadir juga kamera Nikon D5 di jajaran kamera FX-format pada posisi tertinggi, Nikon D500 juga memberikan fitur dan teknologi yang ada pada kamera full frame tersebut dalam tubuhnya. D500 memiliki bentuk tubuh yang unik, ringkas dan ringan hal ini memberikan keuntungan yang besar dalam teknik telephoto. Sensor gambar DX-format yang lebih kecil memberikan sudut pandang setara dengan lensa dengan kira-kira 1,5x focal lenght. Artinya pengguna mendapatkan keuntungan dari berbagai tele sebannding dengan kamampuan Nikon D5 saat menggunakan lensa yang lebih kecil dan lebih ringan.

Untuk daya tahan, Nikon D500 mempekerjakan monocoque structure dengan serat karbon tinggi dan kaku, diperkuat dengan termoplastik dan magnesium alloy. Semua itu berkontribusi untuk membentuk tubuh yang ringan tanpa mengorbankan kekasarannya. Keunggulan yang sangat luar biasa ini memungkinkan pengguna melakukan perjalanan cahaya, dan yang paliing penting pengguna mampu melakukan pengambilan gambar di lokasi yang jauh dengan hasil yang lebih sempurna.

Sistem autofokus

Menggunakan modul autofokus yang sama seperti kamera pasanggannya D5, D500 juga menerima keuntungan dari teknologi autofokus kelas tinggi ini. Sistem autofokus yang baru ini dianggap sebagai sistem autofokus termuthakir dalam sejarah kamera DSLR Nikon. Dengan sistem autofokus ini D500 memberikan kepada pengguna untuk menangkap momen terbaik dengan fokus yang tajam. Modul autofokus Multi-Cam 20K yang juga digunakan oleh D5 untuk phase-detection AF memberikan kemampuan fokus yang sangat luar biasa. Dengan 153 titik fokus meliputi bagian yang sangat luas dari bidan gambar. Sedangkan 99 cross sensor berada dibagian tengah dan perifer, untuk mengambil posisi yang lebih fleksibel. Dengan demikian memastikan bahwa Nikon D500 mampu berfokus dengan mudah pada subjek kecil atau low-contrast.

Lebih jauh lagi mengenai Multi-Cam 20K modul sensor AF merupakan desain ulang dari seluruh sistem AF. Sehingga modul sensor AF ini merupakan odul sensor AF yang berdedikasi memiliki kecepatan luar biasa dalam memproses sejumlah informasi yang terdeteksi oleh 153 poin fokus, sedangkan `80K pixel sensor RGB meningkatkan akurasi melalui analisis adegan secara rinci. Semua fungsi yang ada secara terus menerus disempurnaan dari generasi ke generasi. Hasilnya dapat dinikmati pada kamera baru ini dengan pencapaian AF yang lebih cepat dan lebih akurat dari sebelumnya.

LCD monitor

Nikon D500 memanfaatkan LCD monitor dengan fitur layar sentuh dengan desain yang benar-benar baru untuk fungsi baik foto maupun video. Monitor LCD ini menawarkan berbagai fungsi termasuk operasi autofokus dan operasi shutter (untuk penembakan gambar diam). Selain untuk kedua fungsi tersebut layar sentuh LCD juga memiliki kemampuan seperti yang ada pada Nikon D5 yaitu untuk input teks seperti untuk informasi hak cipta, dan untuk beralih pada urutan gambar dengan kecepatan tinggi menggunakan frame advance bar pada pemutaran gambar. Dengan struktur engsel 3-axis monitur, memungkinkan layar untuk dimiringkan ke atas atau ke bawah dengan fleksibel di berbagai sudut. Layar monitor secara signifikan telah ditingkatkan resolusinya hingga 2.359K dot. Dengan monitor ini penggna juga dapat memeriksa gambar dan mengkonfirmasi fokus secara detail dan presisi tinggi. Warna juga dapat disesuaikan dengan monitor komputer untuk digunakan dalam mengedit gambar.

Unit shutter dan energy saving

Dirancang untuk daya tahan maksimum, shutter D500 telah diuji untuk 200.000 siklus dengan unit rana dan mekanisme penggerak yang benar dalam kamera. Untuk memastikan presisi yang maksimal, fungsishutter monitor kamera menghitung jumlah waktu antara gerakan depan dan belakang tirai setiap kali shutter dilepas dan secara otomatis memperbaiki variasinya.

Untuk kebutuhan daya, D500 memanfaatkan EN-EL15 Rechargeable Li-ion Battery, ini sama dengan yang digunakan oleh Nikon D810, Nikon D750 dan Nikon D7200. Sebuah sirkuit daya yang efisien dan mesin pengolahan gambar yang hemat energi EXPEED 5 membantu mengurangikonsumsi daya kamera, sehingga memungkinkan untuk menembak hingga sekitar 1.240 tembakan atau kisaran waktu 50 menit untuk video (berdasarkan standar CIPA) dalam sekali charge. Opsional MB-D17 multi-power Baterry Pack dan EH-5b AC Adapter (dengan konektor daya EP-5B) juga bisa digunakan sebagai sumber daya.

Slot kartu memori ganda

D500 juga melengkapi dirinya dengan slot kartu memori UHS-II SD dan kartu memori XQD. Keduanya menawarkan kecepatan menulis sangat tinggi, ini sangat penting terutama untuk pengambilan gambar terus menerus. Hal tersebut mungkin menggunakan dua jenis kartu memori sekaligus, sekaligus ada beberapa pilihan rekaman yang tersedia. Pengguna bisa merekam full data pada kedua kartu, merekam data yang sama kedua kartu untuk cadangan instan, dan merekam RAW dan JPEG secara bersamaan ke kartu yang terpisah. Hal ini juga memungkinkan untuk mentransfer data dari satu kartu ke kartu yang lain serta memilih slot untuk perekaman film sesuai dengan kapasitas yang tersisa pada setiap kartu.

Dukungan SnapBridge

Nikon D500 bisa selalu terhubung ke perangkat pintar dengan aplikasi baru SnapBridge (bisa didownload secara gratis) melalui Bluetooth. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mentransfer secara otomatis gambar yang dihasilkan ke perangkat pintar yang kompatibel, maupun mengupload otomatis ke NIKON IMAGE SPACE, atau menggunakan perangkat pintar untuk menelusuri gambar yang tersimpan di dalam kamera. Pengguna juga bisa menanamkan gambar-gambar dengan lokasi dan informasi tanggal/waktu dari perangkat pintar.

Kamera ini juga mendukung fitur NFC yang bisa juga untuk terhubung dengan perangkat pintar melalui Bluetooth dengan cara sederhana dengan menyentuh N-Mark pada kamera. Kamera ini juga dilengkapi dengan built-in Wi-Fi yang memungkinkan komunikasi berkecepatan tinggi, ini juga dapat mengalihkan ke manual. SnapBridge secara dramatis meningkatkan pengalaman mengambil dan berbagi gambar dengan kamera DSLR. SnapBridge kompatibel dengan perangkat Android, iPhone/iPad, sedangkan NFC hanya kompatibel dengan sistem operasi Android.

Demikian review kamera Nikon D500 untuk anda, semoga review di atas bisa memberikan pemahaman anda terhadap kamera baru Nikon D500 yang akan dirilis pada April 2016 mendatang bersama dengan Nikon D5. Untuk lebih jelasnya mengenai teknologi dan fitur yang dibawa Nikon D500 bisa anda lihat pada spesifikasi dibawah ini. Bagi anda yang ingin melihat harga kamera Nikon selengkapnya silahkan kunjungi Daftar Harga Kamera Nikon.

Spesifikasi Nikon D500

Body type
Body type Mid-size SLR
Sensor
Max resolution 5568 x 3712
Other resolutions 4176 x 2784, 2784 x 1856
Image ratio w:h 03.02
Effective pixels 21 megapixels
Sensor photo detectors 22 megapixels
Sensor size APS-C (23.5 x 15.7 mm)
Sensor type CMOS
Processor Expeed 5
Image
ISO ISO 100 - 51200 (expandable to 50 - 1640000)
Boosted ISO (minimum) 50
Boosted ISO (maximum) 1640000
White balance presets 12
Custom white balance Yes (5)
Image stabilization No
Uncompressed format RAW + TIFF
JPEG quality levels Fine, Normal, Basic
Optics & Focus
Autofocus Contrast Detect (sensor), Phase Detect, Multi-area, Selective single-point,  Tracking, Single, Continuous, Face Detection, Live View
Digital zoom No
Manual focus Yes
Number of focus points 153
Lens mount Nikon F
Focal length multiplier 1.5×
Screen / viewfinder
Articulated LCD Tilting
Screen size 3.2″
Screen dots 2,359,000
Touch screen Yes
Screen type TFT LCD
Live view Yes
Viewfinder type Optical (pentaprism)
Viewfinder coverage 100%
Viewfinder magnification
Photography features
Minimum shutter speed 30 sec
Maximum shutter speed 1/8000 sec
Aperture priority Yes
Shutter priority Yes
Manual exposure mode Yes
Subject / scene modes No
Built-in flash No
External flash Yes (Hot-shoe, Wireless plus sync connector)
Flash modes Auto, On, Off, Red-eye, Slow sync, Rear curtain
Continuous drive 10.0 fps
Self-timer Yes (2, 5, 10 or 20 sec)
Metering modes Multi
Center-weighted
Highlight-weighted
Spot
Exposure compensation ±5 (at 1/3 EV, 1/2 EV steps)
AE Bracketing (2, 3, 5, 7 frames at 1/3 EV, 1/2 EV, 2/3 EV, 1 EV steps)
WB Bracketing Yes (2 or 9 frames in steps of 1, 2 or 3 mired)
Videography features
Resolutions 4K (UHD) 30p/25p/24p, 1080/60p/50p/30p/25p/24p, 720/60p/50p
Format MPEG-4, H.264
Microphone Stereo
Speaker Mono
Storage
Storage types SD/SDHC/SDXC (UHS-II compliant) + XQD
Storage included None
Connectivity
USB USB 3.0 (5 GBit/sec)
HDMI Yes (mini-HDMI)
Microphone port Yes
Headphone port Yes
Wireless Built-In
Wireless notes Wi-Fi with low energy Bluetooth
Remote control Yes (Optional, wired or wireless )
Physical
Environmentally sealed Yes
Battery Battery Pack
Battery description Lithium-Ion EN-EL15 rechargeable battery & charger
Battery Life (CIPA) 1240
Weight (inc. batteries) 860 g (1.90 lb / 30.34 oz)
Dimensions 147 x 115 x 81 mm (5.79 x 4.53 x 3.19″)
Other features
Orientation sensor Yes
Timelapse recording Yes
GPS Optional
GPS notes GP-1


Blog, Updated at: 08.01