Review Harga Kamera Pentax K-1 Full Frame dan Spesifikasi Lengkap

AneKamera - Setalah menunggu beberapa lama akhirnya Ricoh menepati janjinya dengan mengeluarkan sbuah kamera DSLR full frame terbarunya di tahun 2016 ini. Untuk anda pecinta fotografi profesional, kali ini kami akan membuat review kamera Pentax K-1 untuk anda. Kamera Pentax K-1 merupakan kamera digital SLR full frame pertama untuk kelas profesional yang dibalut dengan body berbahan magnesium alloy yang sangat kuat, berikut dengan segel cuaca yang sangat aman. Kamera keren ini menggunakan sensor full frame dilengkapi dengan image stabilization untuk menghasilkan gambar yang sangat mumpuni. Kamera ini menggunakan sensor CMOS dengan resolsi tinggi dengan 36,4 megapixel. Pentax K-1 bisa dikatakan sebagai kamera yang menggabungkan kinerja kamera digital full frame 35mm dengan fitur dan teknologi asli Pentax yang sudah umum dalam tubuh kompak yang sangat menakjubkan.

Selain menggunakan sensor full frame yang sangat canggih, kamera Pentax K-1 juga mengusung berbagai fitur yang sudah mengalami peningkatan yang cukup baik dari beberapa kamera Pentax sebelumnya. Sebagai kamera DSLR full frame kamera ini digadang-gadang sebagai kamera dengan teknologi tinggi namun dengan harga yang cukup terjangkau, bahkan bisa dikatakan murah jika dibanding dengan parakompetitornya. Apa saja yang akan ditawarkan oleh Pentax K-1 berikut ulasannya untuk anda semua.

Sensor

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa kamera PEntax K-1 memanfaatkan sensor CMOS full frame dengan resolusi yang sangat tinggi mencapai 36,4 megapixel. Kamera ini didesain tanpa menggunakan filter anti-aliasing (filter AA) yang mengutamakan resolusi gambar. Sensor full frame yang digunakan masih didukung dengan mesin pencitraan PRIME IV baru. Dengan penggabungan berbagai teknologi canggih kamera ini mampu melakukan perekaman gambar 14-bit format RAW. Selain itu Pentax K-1 juga memungkinkan untuk menembak dengan super-high-sensitivity hingga ISO 204.800 serta memproduksi gambar yang menakjubkan dengan resolusi yang sangat tinggi.

5-axis image stabilization

SR II atau Shake Reduction II dalam body dengan lima sumbu memungkinkan dan memberikan kontrol akurat dari sensor gambar full frame saat dipasangkan dengan berbagai lensa Pentax yang kompatibel. Selain meredam goyangan kamera yang disebabkan oleh pitch dan yaw, secara efektif fitur ini juga mengkompensasi goyangan kamera yang disebabkan oleh pergerakan horizontal maupun vertikal, serta goyangan yang disebabkan oleh roll. Goyangan yang disebabkan oleh beberapa pergerakan di atas umumnya sulit diredam tnpa fitur tersebut. Bahkan pada saat mengambil tembakan panning, sistem tersebut akan secara otomatis mendeteksi arah gerakan kamera, dan secara efisien mengendalikan unit SR II untuk selalu menghasilkan gambar yang terbaik.

Pixel Shift Resolution System

Pentax K-1 menggunakan teknologi super-resolution terbaru. Teknologi ini memungkinkan kamera menangkap empat gambar dari adegan yang sama dengan menggeser sensor gambar dengan pixel tunggal untuk setiap gambar, selanjutnya mensintesis keempat gambar tersebut menjadi gambar komposit tunggal. Dengan SR pada Pentax K-1 yang didesain fleksibel dan unit sensor akan bergerak ke segala arah akan meyediakan sejumlah fungsi pemotretan yang sangat berguna, termasuk kompensasi tingkat auto, penyesuaian komposisi gambar, dan Astro Tracer yang bisa menyederhanakan fotografi astronomi canggih menggunakan modul GPD built-in.

Review Harga Kamera Pentax K-1 Full Frame dan Spesifikasi Lengkap

Layar monitor
Pentax K-1 memiliki layar LCD yang didesain baru. LCD yang digunakan memiliki fitur flexible tilt-type LCD monitor. Dengan desain yang baru layar bisa dimiringkan secara horizontal, vertikal maupun diagonal hanya dengan satu tindakan, bahkan tanpa menyimpang dari sumbu optik lensa. Hal yang bisa didapat dari desain baru layar LCD ini adalah bisa mencapai kemiringan 35 derajad horizontal dan 44 derajad vertikal, bahkan panel LCD bisa diletakkan mendatar ke atas maupun ke bawah. Monitor LCD tersebut memiliki ukuran 3.2 inch yang dilengkapi dengan fitur tempered-glass untuk menambah daya tahan, sedangkan fitur unique air-gapless construction secara efektif mampu mengurangi refleksi.

Modul sensor AF

Modul sensor AF Pentax K-1 menggunakan SAFOX 12 yang memiliki 33 sensor AF (dengan 25 cross-type sensor diposisikan di bagian tengah). Sensor pusat dan dua sensor yang terletak tepat di atas dan di bawah di rancang untuk mendeteksi fluks cahaya dari lensa F2.8, dengan demikian dapa dengan mudah untuk mendapatkan pinpoint fokus pada subjek saat menggunakan lensa dengan aperture lebar.

Viewfinder optik

Viewfinder atau jendela bidik Pentax K-1 merupakan hasil pengembangan baru yang didesain untuk mendukung kamera dengan sensor 35mm full framenya. Viewfinder optik K-1 menyediakan cakupan hingga hampir 100% field of view dan sekitar 0,7 kali pembesaran. Dengan memanfaatkan layar fokus Natural Bright Matt III memungkinkan kemudahan bagi kamera untuk berfokus dan menimbulkan efek hidup dibagian area defokus pada gambar di jendela bidik.

Operation Assist LED Lighting

Untuk melengkapi kehebatan dari kamera full frame Pentax K-1, perusahaan menyematkan fitur GPS yang sangat menarik. Fitur-fitur tersebut antara lain record shooting location (untuk mencatat lokasi pengambilan gambar), Facing direction serta tanggal dan waktu utuk data gambar. Elektronik kompas mencatat arah penembakan, dan Astro Tracer mengabungkan fitur ini dengan SR II shake reduction untuk menangkap gambar rock-steady dari objek langit malam tanpa lesatan atau pengaburan selama eksposur panjang.

PENTAX Real-Time Tema Analisis Sistem terupgrade

Pentax K-1 yang canggih menawarkan PENTAX Real-Time Scene Analysis System untuk melakukan analisis instan secara dekat dari paparan, warna, gerakan dan berbagai faktor lainnya. SIstem ini dikombinasikan dengan terobosan teknologi artificial intelligence memberikan pembelajaran baru dan dalam dalam dunia fotografi. K-1 secara instan dioptimalkan melalui pengaturan untuk situasi pengambilan gambar yang paling sulit sekalipun.

Nah demikian review kamera Pentax K-1 untuk anda semua. Berbagai pengembangan dan teknologi baru bisa anda nikmati dari kamera terbaru ini. Semoga review di atas sedikit memberi gambaran apa saja yang ditawarkan oleh Pentax K-1 untuk anda. Kamera ini baru akan hadir di pasaran pada bulan April 2016 dengan harga yang masih sangat terjangkau. Harga yang ditawarkan adalah $1,799.95 atau sekitar 23 jutaan. Untuk harga kamera Pentax selengkapnya bisa anda kunjung di Daftar Harga Kamera Digital Pentax. Informasi lebih lanjut dan lengkap silahkan anda lihat dalam spesifikasi berikut ini.

Spesifikasi Pentax K-1 

Body type
Body type Mid-size SLR
Body material Magnesium alloy
Sensor
Max resolution 7360 x 4912
Image ratio w:h 03.02
Effective pixels 36 megapixels
Sensor photo detectors 37 megapixels
Sensor size Full frame (35.9 x 24 mm)
Sensor type CMOS
Color space sRGB, Adobe RGB
Color filter array Primary color filter
Image
ISO Auto, 100-204800
White balance presets 8
Custom white balance Yes (3 slots)
Image stabilization Sensor-shift
Uncompressed format RAW
JPEG quality levels Best, better, good
File format JPEG (Exif v2.3)
Raw (PEF/DNG)
Optics & Focus
Autofocus Contrast Detect (sensor), Phase Detect, Multi-area, Center,  Selective single-point, Tracking, Single, Continuous, Face Detection, Live View
Autofocus assist lamp Yes
Manual focus Yes
Number of focus points 33
Lens mount Pentax KAF2
Focal length multiplier
Screen / viewfinder
Articulated LCD Tilting
Screen size 3.2″
Screen dots 1,037,000
Touch screen No
Screen type TFT LCD
Live view Yes
Viewfinder type Optical (pentaprism)
Viewfinder coverage 100%
Viewfinder magnification 0.7×
Photography features
Minimum shutter speed 30 sec
Maximum shutter speed 1/8000 sec
Exposure modes Program
Aperture priority
Shutter priority
Aperture and shutter priority
Sensitivity priority
Manual
Built-in flash No
External flash Yes (via hot shoe or flash sync port)
Flash modes Auto Flash Discharge, Auto Flash + Red-eye Reduction, Flash On, Flash On + Red-eye Reduction, Slow-speed Sync, Slow-speed Sync + Red-eye, P-TTL, Trailing Curtain Sync, Contrast-control-sync, High-speed sync, Wireless sync
Flash X sync speed 1/200 sec
Drive modes Single Frame, Continuous, Self-timer, Remote Control, Bracketing, Mirror- up, Multi-Exposure, Interval Shooting, Interval Composite, Interval Movie Record, Star Stream
Continuous drive 4.4 fps
Self-timer Yes (2 or 12 sec, custom)
Metering modes Multi
Center-weighted
Spot
Exposure compensation ±5 (at 1/3 EV, 1/2 EV steps)
AE Bracketing ±5 (2, 3, 5 frames at 1/3 EV, 1/2 EV steps)
Videography features
Resolutions 1920 x 1080 (60i, 50i, 30p, 25p, 24p), 1280 x 720 (60p, 50p)
Format MPEG-4, H.264
Microphone Stereo
Speaker Mono
Storage
Storage types Dual SD/SDHC/SDXC (UHS-I)
Connectivity
USB USB 2.0 (480 Mbit/sec)
HDMI Yes (micro-HDMI)
Microphone port Yes
Headphone port Yes
Wireless Built-In
Wireless notes 802.11b/g/n
Remote control Yes (wired, wireless, or smartphone)
Physical
Environmentally sealed Yes
Battery Battery Pack
Battery description D-LI90 lithium-ion battery & charger
Battery Life (CIPA) 760
Weight (inc. batteries) 1010 g (2.23 lb / 35.63 oz)
Dimensions 137 x 110 x 86 mm (5.39 x 4.33 x 3.39″)
Other features
Orientation sensor Yes
Timelapse recording Yes (Still or video)
GPS Built-In


Blog, Updated at: 22.47