Review Kamera DSLR Pentax K-S2 Harga dan Spesifikasi Lengkap

AneKamera - Tahun baru dengan kamera baru sepertinya sudah menjadi tren bagi para produsen kamera kelas atas, begitu juga Ricoh dengan kamera Pentax nya. Nah kali ini kita akan membahas tentang review kamera Pentax K-S2. Pentax K-S2 merupakan kamera dengan spesifikasi SLR namun dibalut dengan body kamera yang compact, sehingga kamera ini bisa disebut dengan kamera compact SLR. Kamera ini ikut meramaikan persaingan kuat diantara kamera high end lain yang hadir pada awal tahun ini. Pentax K-S2 menjadi kamera yang layak diperhitungkan dengan digabungkan nya beberapa fitur canggih yang dikemas dengan body kamera yang tahan cuaca, tahan debu, ringkas dan dilengkapi dengan layar LCD variable-angle nan menawan. Untuk melihat secara detail apa saja yang ditawarkan oleh Pentax K-S2, mari kita lihat review yang berikut ini.

Menurut Ricoh Imaging sang produsen Pentax K-S2 sebagai penerus Pentax K-S1, kamera ini merupakan kamera DSLR dengan fitur tahan debu dan cuaca dengan body terkecil saat ini. Sebanyak seratus segel telah dipasang pada kamera ini untuk memastikan kamera benar-benar aman untuk digunakan di luar ruangan. Segel-segel tersebut berfungsi untuk melindungi kamera dari air hujan maupun debu agar tidak bisa masuk kedalam bagian kamera. Dengan fitur tahan cuaca tersebut bukan berarti hanya cocok digunakan di luar ruangan saja, di dalam ruangan sekalipun Pentak K-S2 bisa menjadi kamera yang sempurna. Kamera ini sangat cocok bagi para petualang mengingat ketahanannya terhadap cuaca, sekaligus bodynya yang mungil, sehingga mudah dibawa berpetualang kemana saja.

Pentax K-S2 juga memiliki keunggulan lain yang tak kalah dengan merek kamera yang lain. Salah satu yang layak menjadi perhatian pecinta fotografi adalah kemampuan sistem autofokus yang memiliki presisi tinggi. Kemampuan autofokus tersebut didukung oleh Modul Safox X yang diterapkan untuk K-S2, yaitu state-the-art Safox X AF sensor module. Fitur ini sangat membantu terutama untuk membuat kamera menjadi responsif untuk melakukan operasi autofokus dengan presisi tinggi. Kamera ini menggunakan 11 sensor diamana termasuk didalamnya adalah 9 cross-type di tengah-tengah. Sistem autofokus ini memastikan pinpoint melakukan fokus pada subjek hingga tingkat kecerahan minimum hingga -3EV. Kemampuan yang sangat canggih telah didapat oleh K-S2 dimana fungsi AF terus mempertahankan posisi fokus, bahkan saat sistem AF tersebut kehilangan jejak subjek setelah sebelumnya berada pada fokus.

Kamera ini juga memiliki kemampuan lain yaitu menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi. Kemampuan tersebut tak lepas dari sensor CMOS yang digunakannya setinggi 20.12 megapixel efektif dengan sensitivitas ISO mencapai 51200. Dengan kemampuan tersebut sensor dirancang tanpa menggunakan filter AA (Anti-Aliasing) untuk mengoptimalkan kekuatan pencitraan sensor yang memiliki kinerja tinggi. Jadi dengan kemampuan sensor yang super tinggi dan digabungkan dengan performa mesin kamera yang tinggi dari Prime MII, Pentax K-S2 mampu memberikan hasil gambar tampak hidup, gradasi halus, sera mampu meminimalisir noise di semua tingkat sensitivitas ISO, bahkan hingga tingkat tertinggi ISO 51200.

Sebuah layar LCD yang unik juga telah melengkapi Pentax K-S2. Kamera ini dilengkapi dengan LCD Air Gapless dengan lapisan resin khusus yang memastikan perlindungan pada layar LCD secara efektif. Dengan lapisan tersebut akan mengurangi refleksi dan dispersi cahaya sekaligus menjamin visibilitas menjadi lebih baik. Layar LCD tersebut juga didesain khusus dengan variable-angle dan merupakan yang pertama kalinya di jajaran kamera SLR Pentax. Dengan desain tersebut pengguna dapat mengatur layar sesuai dengan sudut pandang yang diinginkan serta mempermudah penembakan sudut tinggi dan rendah. Layar tersebut juga daat diputar hingga 180 derajad menghadap ke subjek. Pengguna juga bisa mengaktifkan tombol shutter potret diri yang berada disamping shutter release reguler, dengan demikian pengguna dapat melakukan selfie dengan pegangan yang mantap, tanpa khawatir kamera jatuh.

Kamera Pentax K-S2 ini memang sangat kaya akan fitur, termasuk fitur canggih In-body Shake Reduction dan simulator filter AA. Fitur In-body SR memiliki fungsi yang sangat jelas yaitu mengurangi getaran atau guncangan pada saat penmembakan. Dengan demikian kamera memastikan hasil gambar akan lebih tajam, bebas blur, bahkan saat digunakan untuk telephoto yang sangat rawan terhadap goncangan sekalipun. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya kamera ini tidak menggunakan filter AA, jadi fungsi simulator filter AA sama seperti AA pada umumnya untuk mengurangi efek moire. Beda nya dengan filter AA biasanya, simolator ini bisa digunakan seperlunya. Simulator ini mampu juga menyesuaikan tingkat efek, dengan demikian pengguna dapat dengan mudah memutuskan untuk menggunakan simulator ini atau tidak. Simulator filter AA berfungsi efektif pada kecepatan rana 1/1000 detik atau lebih lambat.

Untuk menghasilkan gambar yang tajam dan tetap fokus pada subjek yang bergerak cepat, K-S2 menawarkan kecepatan rana tertinggi mencapai 1/6000 detik. Dengan kecepatan rana yang tinggi subjek bergerak dapat direkam lebih cepat dan fokus dengan K-S2, ditambah lagi dengan kemampuan penembakan terus menerus dengan kecepatan 5,5 frame per detik, memungkinkan pembekuan dengan tingkat fokus yang menakjubkan.

Untuk kemudahan berbagi ke perangkat lain yang kompatibel Pentax K-S2 melengkapi diri dengan built-in Wi-Fi dengan dukungan NFC. Dengan demikian K-S2 dapat terhubung dengan smartphone atau perangkat lain yang mendukung fitur yang sama. Selain itu dukungan NFC mempermudah untuk terhubung dengan smartphone untuk berbagai keperluan seperti mengontrol aperture kamera, menentukan kecepatan rana, mengatur sensitivitas ISO, melakuakn penembakan, digunakan sebagai live view, bahkan melakukan browsing dan mengupload gambar ke media sosial seperti Facebook dari jarak jauh.

Review Kamera DSLR Pentax K-S2 Harga dan Spesifikasi Lengkap

Satu lagi yang wajib diperhatikan dari Pentax K-S2 adalah dilengkapinya kamera ini dengan built-in microphone stereo. Artinya kamera ini memiliki kemampuan untuk digunakan oleh pengguna yang fokus pada videografi. Kamera Pentax ini memiliki kemampuan merekam video full HD 1920x1080 pixel dengan frame rate 24,25 dan 30p dan format H.264. Sebuah film dengan kualitas tinggi dan suara yang jernih bisa dihasilkan menggunakan kamera canggih ini.

Nah dengan review Pentax K-S2 di atas setidaknya bisa memberikan sedikit informasi mengenai apa saja fitur dan teknologi canggih yang diusung nya. Selain itu terdapat berbagai plihan warna menarik yang bisa anda pilih untuk memiliki kamera Penax K-S2 ini antara lain forest green, dessert beige, stone gray, white lime, black pink, white racing stripe dan black racing stripe. Kamera ini akan tersedia pada bulan Maret dengan perkiraan harga Rp. 10,2 juta. Untuk informasi lebih lanjut berikut adalah spesifikasi lengkapnya.

Spesifikasi Kamera DSLR Pentax K-S2

Body type
Body type Compact SLR
Body material Polycarbonate over metal chassis
Sensor
Max resolution 5472 x 3648
Other resolutions 4224 x 2816, 3072 x 2048, 1920 x 1280
Image ratio w:h 3:02
Effective pixels 20 megapixels
Sensor photo detectors 20 megapixels
Sensor size APS-C (23.5 x 15.6 mm)
Sensor type CMOS
Processor PRIME MII
Color space sRGB, Adobe RGB
Color filter array Primary color filter
Image
ISO Auto, 100-51200
White balance presets 10
Custom white balance Yes
Image stabilization Sensor-shift
Uncompressed format RAW
JPEG quality levels Good, better, best
File format JPEG (Exif v2.3)
Raw (PEF/DNG)
Optics & Focus
Autofocus Contrast Detect (sensor), Live View, Face Detection, Continuous, Single, Tracking, Selective single-point, Center, Multi-area, Phase Detect
Autofocus assist lamp Yes
Manual focus Yes
Number of focus points 11
Lens mount Pentax KAF2
Focal length multiplier 1.5×
Screen / viewfinder
Articulated LCD Fully articulated
Screen size 3″
Screen dots 921,000
Touch screen No
Screen type TFT-LCD
Live view Yes
Viewfinder type Optical (pentaprism)
Viewfinder coverage 100%
Viewfinder magnification 0.95×
Photography features
Minimum shutter speed 30 sec
Maximum shutter speed 1/6000 sec
Exposure modes Program, Sensitivity priority, Shutter priority, Aperture priority, Shutter and aperture priority, Manual, Bulb
Scene modes Portrait, Landscape, Macro, Moving Object, Night Scene Portrait, Sunset, Blue Sky, Forest, Night Scene, Night Scene HDR, Night Snap, Food, Pet, Kids, Surf & Snow, Backlight Silhouette, Candlelight, Stage Lighting, Museum
Built-in flash Yes
Flash range 12.00 m (at ISO 100)
External flash Yes (via hot shoe)
Flash modes Auto, auto w/redeye reduction, flash on, flash on + redeye reduction, slow sync, trailing curtain sync, manual flash
Flash X sync speed 1/180 sec
Continuous drive 5.4 fps
Self-timer Yes (2 or 12 secs)
Metering modes Multi
Center-weighted
Spot
Exposure compensation ±5 (at 1/3 EV, 1/2 EV steps)
AE Bracketing ±5 (3 frames at 1 EV, 2 EV steps)
Videography features
Resolutions 1920 x 1080 (30p, 25p, 24p), 1280 x 720 (60p, 50p)
Format MPEG-4, H.264
Videography notes Can create 4K videos from stills
Microphone Stereo
Speaker Mono
Storage
Storage types SD/SDHC/SDXC
Connectivity
USB USB 2.0 (480 Mbit/sec)
HDMI Yes (micro-HDMI)
Microphone port No
Headphone port No
Wireless Built-In
Wireless notes With NFC support
Remote control Yes (wired or via smartphone)
Physical
Environmentally sealed Yes (dust and water resistant)
Battery Battery Pack
Battery description D-LI109 lithium-ion battery & charger
Battery Life (CIPA) 410
Weight (inc. batteries) 678 g (1.49 lb / 23.92 oz)
Dimensions 91 x 123 x 73 mm (3.58 x 4.84 x 2.87″)
Other features
Orientation sensor Yes
Timelapse recording Yes
GPS Optional
GPS notes O-GPS1

Blog, Updated at: 13.01