Review Kamera DSLR Canon EOS 1D X Harga dan Spesifikasi Lengkap

AneKamera - Kali ini kita akan membahas mengenai review kamera DSLR Canon EOS 1D X. Kamera ini  merupakan kamera profesional yang lahir untuk menggantikan kedua kamera seri 1D yang berorientasi pada kamera olahraga   beresolusi tinggi dan kamera 1DS yang fokus pada fotografi studio. Seperti layaknya kamera Canon yang lain, EOS 1D X sebagai kamera pengganti melakukan berbagai perubahan secara bertahap dan halus. Namun tujuannya jelas dan pasti untuk meningkatkan standar kamera dengan teknologi dan fitur terkini yang memungkinkan memberikan hasil yang maksimal.

Perubahan terbesar pada spesifikasi yang ditanamkan pada Canon EOS 1D X adalah sebuah sensor baru. Kamera ini telah didukung dengan sensor CMOS full-frame dengan resolusi mencapai 18 megapixel dengan kemmpuan menembak hingga 12 frame per detik. Hal tersebut tentunya menjadi perubahan besar dari Canon EOS 1D Mark IV yang mengusung sensor 16 megapixel dan kemampuan menembak 10 frame per detik. Namun jika dibandingkan dengan 1DS jumlah resolusi 1D X justru menurun. Namun pihak Canon mengatakan bahwa, 1D X menghasilkan lebih dari sekedar resolusi besar.

Di luar kemampuan sensor yang meningkat, 1DX juga melakukan perubahan yang cukup besar dan canggih dalam metering sensor. Dengan unit baru metering sensor 100.000 pixel memberikan peningkatan kemampuan kamera dalam mengenali subjek menjadi lebih baik, begitu juga dengan penambahan metering sensor tersebut akan membuat kualitas pelacakan autofokus menjadi semakin baik. Namun hal tersebut bukan merupakan ide yang baru, kompetitor beratnya seperti Nikon pada kamera olahraga nya telah melakukan hal yang sama selama beberapa generasi. Namun cara ini memang sangat ampuh dan masuk akal untuk mengatasi persaingan, sekaligus untuk meningkatkan kualitas kamera yang jika dilihat dari sistemnya memang sangat mengesankan.

Sedangkan dalam sistem autofokus sendiri Canon EOS 1D X juga mengalami perubahan besar, namun justru menjadi sederhana. Perubahan tersebut adalah penyederhanaan dari pengaturan kostum yang kompleks. Jika pada model sebelumnya pengaturan didefinisikan pada perilaku AF, kini pada 1D X justru sebaliknya preset mode didefinisikan pada perilaku subjek. Dengan perubahan tersebut diharapkan pengguna dapat dengan mudah mengakses sistem kamera tersebut. Selain itu 1D X juga telah memanfaatkan 61-point sensor AF dengan 21 cross type AF point yang terpusat. Hal ini cukup sensitif untuk digunakan dengan lensa berdiafragma sangat lambat seperti F5.6. Sedangkan  5 cross type point AF juga memiliki unsur AF diagonal yang cukup baik digunakan dengan lensa F2.8 dan cepat.

Review Kamera DSLR Canon EOS 1D X Harga dan Spesifikasi Lengkap

Di lihat dari tampilan body yang membungkus sistem kamera, sekilas masih mirip dengan kamera seri 1D yang lain. Akan tetapi jika di lihat lebih teliti lagi maka akan tampak beberapa perubahan tata letak dan penambahan tombol baru di panel belakang kamera. Tentunya 1D X memiliki alasan agar kamera tetap memberikan semua fungsi saat menggunakan orientasi portrait grip. Penambahan yang sangat nampak adalah adanya tombol Q disebelah kanan layar sebagai tombol untuk Quick function menu (menu fungsi cepat).

Satu lagi yang cukup menarik adalah mengenai prosesor gambar. Hal ini tentu akan sesuai dengan harapan para pengguna. 1D X telah menjejalkan prosesor gambar dual DIGIC 5+. Prosesor ini menurut teknisi Canon memiliki kecepatan yang tinggi dalam memproses data, bahkan dikatakan hingga 17x lebih cepat dibanding dengan DIGIC 4, kemampuan yang sama seperti yang dimiliki oleh Canon EOS 5D Mark III. Dengan kekuatan pemrosesan yang cukup cepat memiungkinkan kamera untuk melakukan koreksi lensa secara lebih luas. Manfaat lain dari penggunaan prosesor tersebut jika dikombinasikan dengan sensor besarnya akan meningkatkan dan memperluas jangkauan ISO. 

Nah dengan Review Kamera DSLR Canon EOS 1D X di atas, maka dapat disimpulkan bahwa perubahan yang cukup signifikan dalam kamera ini adalah pada sensornya. Dengan perubahan tersebut dijelaskan bahwa kamera 1D X ini akan memberikan hasil gambar yang cukup menakjubkan, lebih jernih dan noise berkurang cukup signifikan. Dari segi kecepatan pemrosesan kamera ini telah jauh meningkat dengan prosesor dual DIGIC 5+ nya yang dikatakan mampu bekerja 17x lebih cepat dari model sebelumnya.

Terakhir adalah pertanyaan yang selalu muncul setelah membaca sebuah review kamera. Berapa harga yang ditawarkan untuk memiliki kamera ini? Canon menawarkan harga yang cukup lumayan untuk kamera ini yaitu seharga Rp. 63.600.000 (body only). Harga yang cukup pantas meskipun mahal mengingat spesifikasi nya yang mumpuni. kunjungi Daftar Harga Kamera DSLR Canon untuk harga selengkapnya.

Spesifikasi Kamera DSLR Canon EOS 1D X

Body type
Body type Large SLR
Sensor
Max resolution 5184 x 3456
Other resolutions 4608 x 3072, 3456 x 2304, 2592 x 1728
Image ratio w:h 3:02
Effective pixels 18 megapixels
Sensor photo detectors 19 megapixels
Sensor size Full frame (36 x 24 mm)
Sensor type CMOS
Processor Dual Digic 5+
Image
ISO 100, 200, 400, 800, 1600, 3200, 6400, 12800, 25600, 51200 (50, 102400 and 204800 with boost)
White balance presets 6
Custom white balance Yes (5)
Image stabilization No
Uncompressed format RAW
JPEG quality levels Fine, Normal
Optics & Focus
Autofocus Contrast Detect (sensor), Phase Detect, Multi-area, Selective single-point, Tracking, Single, Continuous, Face Detection, Live View
Digital zoom No
Manual focus Yes
Number of focus points 61
Lens mount Canon EF
Focal length multiplier
Screen / viewfinder
Articulated LCD Fixed
Screen size 3.2″
Screen dots 1,040,000
Touch screen No
Screen type Clear View II TFT LCD
Live view Yes
Viewfinder type Optical (pentaprism)
Viewfinder coverage 100%
Viewfinder magnification 0.76×
Photography features
Minimum shutter speed 30 sec
Maximum shutter speed 1/8000 sec
Aperture priority Yes
Shutter priority Yes
Manual exposure mode Yes
Subject / scene modes No
Built-in flash No
External flash Yes (Hot-shoe plus Sync connector)
Flash modes E-TTL II Auto Flash, Metered Manual
Continuous drive 14.0 fps
Self-timer Yes (2 or 10 sec, remote)
Metering modes Multi
Center-weighted
Average
Spot
Exposure compensation ±5 (at 1/3 EV, 1/2 EV steps)
AE Bracketing ±3 (2, 3, 5, 7 frames at 1/3 EV, 1/2 EV steps)
WB Bracketing Yes (3 frames in either blue/amber or magenta/green axis)
Videography features
Resolutions 1920 x 1080 (30, 25, 24 fps, 1280 x 720 (60, 50 fps), 640 x 480 (60, 50 fps)
Format MPEG-4, H.264
Microphone Mono
Speaker None
Storage
Storage types Compact Flash (Type I or II), UDMA compatible
Storage included None
Connectivity
HDMI Yes (Mini)
Wireless Optional
Wireless notes LC-5
Remote control Yes (N3 connector)
Physical
Environmentally sealed Yes (Water and dust resistant)
Battery Battery Pack
Battery description Lithium-Ion LP-E4N rechargeable battery & charger
Dimensions 158 x 164 x 83 mm (6.22 x 6.46 x 3.27″)
Other features
Orientation sensor Yes
Timelapse recording Yes (by cable and PC)
GPS Optional
GPS notes GP-E1, GPE2


Blog, Updated at: 11.55