Review Kamera DSLR Pentax K-3 II Harga dan Spesifikasi Lengkap

AneKamera - Ricoh Imaging sebagai produsen kamera dengan bangga kembali memperkenalkan kamera DSLR semi pro terbaru yang diberi nama Pentax K-3 II. Kamera terbaru milik Ricoh ini dikembangkan untuk meneruskan pendahulunya Pentax K-3 yang pada dua tahun sebelumnya telah menemani para pecinta kamera khususnya brand Pentax. Pentax K-3 II merupakan kamera DSLR ke dua setelah sebelumnya diperkenalkan Pentax K-S2 pada Februari yang lalu. Menurut produsen Pentax K-3 II, kamera terbaru nya ini menandai komitmet pengembang untuk menyediakan perangkat fotografi dengan kualitas yang tinggi. Menurut mereka beberapa tambahan yang cukup signifikan telah diterapkan pada kamera ini seperti Shake Reduction (SR) yang membantu fotografer meminimalisir getaran pada saat melakukan penembakan.

Pentax K-3 II merupakan kamera pertama untuk line-up Pentax yang menggabungkan 'Pixel Shift Resolution' untuk pengambilan subjek hidup dengan tingkat penyelesaian ultra-tinggi. Teknologi Pixel Shift Resolution menggunakan mekanisme Shake Reduction pada body kamera untuk memindahkan sensor gambar untuk peningkatan pixel tunggal, menangkap 4 gambar terpisah, lalu dikombinasikan menjadi gambar tunggal definisi tinggi. Berbagai manfaatbisa didapatkan dari teknologi ini antara lain kemampuan finishing lebih tinggi, mengurangi warna palsu dan yang pasti kualitas gambar diam lebih meningkat secara keseluruhan.

Ketika Pentax K-3 dibangun dengan kekuatan anti debu dan kontruksi tahan terhadap cuaca, K-3 II membawa dan menambahkan fitur built-in GPS reciever, log GPS dan kompas elektronik untuk menunjuk pada suatu lokasi. Rekaman sistem GPS memberikan catatan lokasi syuting, orientasi kamera, ketinggian, dan memberikan cap tanggal/waktu pada gambar yang dihasilkan.

Pentax K-3 II terbaru menggunakan antarmuka pengguna tingkat lanjut dan intuitif yang sudah umum pada sebagian besar produk kamera Pentax. Sistem K-3 II kompatibel dengan berbagai aksesoris termasuk flash unit array serbaguna, lensa, battery grip dan layar fokus yang bisa dipertukarkan.

Selanjutnya bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut apa saja yang ditawarkan oleh Pentax K-3 II, berikut ini adalah fitur utama yang dibawa oleh K-3 II untuk anda.

Review Kamera DSLR Pentax K-3 II Harga dan Spesifikasi Lengkap

Gambar Resolusi tinggi

Pentax K-3 II menggabungkan sensor gambar PAS-C-size CMOS dengan filter anti-aliasing dengan mesin pencitraan performa tinggi yang disebut Prime III, identik dengan yang pernah ada pada Pentax 645Z. Sensor yang diusung memiliki resolusi setinggi 24,35 megapixel yang mampu mengoptimalkan kekuatan pencitraan, memberikan ketajaman dan gradasi gambar yang bagus. Selain itu sensor ini juga sangat efektif meminimalkan kebisingan yang sangat mengganggu.

Generasi baru Pentax dengan mekanisme shake reduction
Dalam sistem ini mekanisme shake reduction Pentax meliputi berbagai hal berikut
  • Upgrade in-body SR mechanism untuk memastikan kinerja terbaik untuk mengurangi getaran yang ada di seri K
  • Pixel Shift Resolution System yang baru memberikan resolusi gambar yang lebih tinggi dari kapasitas sensor yang diusung.
  • Inovasi simulator anti-aliasing berfungsi sebagai penyaring untuk meminimalkan moire
  • Supportive shooting functions

Modul sensor SAFOX 11 presisi tinggi dengan 27-point AF system
K-3 II mengusung fitur modul sensor AF SAFOX 11 dengan cakupan bidang gambar yang diperluas menggunakan 27 sensor AF (25 cross-type sonsor berada di tengah). Sensor pusat dan dua sensor di atas dan di bawah dirancang untuk mendeteksi fluks cahaya dari lensa F2.8, sehingga mudah untuk mendapatkan pin point fokus pada subjek saat menggunakan lensa large-aperture.

Kontrol eksposur presisi tinggi dengan Pentax Real-Time Scene Analysis System

Kamera ini dilengkapi dengan fitur canggih Pentax Real-Time Analysis System yang didukung oleh 86.000-pixel RGB sensor metering. Sistem ini dirancang untuk mengoptimalkan kinerja kamera secarakeseluruhan, tidak hanya dengan mengendalikan eksposure dengan akurasi tinggi, namun juga dengan memanfaatkan data yang diperoleh oleh sensor cahaya metering untuk lebih meningkatkan akurasi autofokus dan penyesuaian white-balance. Hal ini juga memperluas tingkat pencahayaan terukur ke level -3EV.

Continous shotting berkecepatan hingga 8,3 frame per detik

Kamera baru Pentax ini terus mencatat sebanyak 23 gambar dalam format RAW, atau 60 gambar dalam format JPEG di urutan tunggal. Hal ini disebabkan karena adanya beberapa pengembangan inovatif yang dilakukan seperti peningkaan kinerja berkecepatan tinggi, mekanisme kontrol shutter yang akurat, cermin dan diafragma yang mandiri, mekanisme peredam yang efektif meminimalkan kejutan cermin dan sistem transmisi data kecepatan tinggi dalam mesin pencitraan PRIME III.

Viewfinder optik dengan hampir 100% bidang pandang
Prima kaca K-3 II telah dirancang dengan lapisan untuk meningkatkan reflektansi untuk gambar viewfinder yang lebih terang. Dengan pembesaran hingga sekitar 0,95 kali, viewfinder menyediakan bidang gambar yang luas dan gambar yang cerah untuk berfokus dengan mudah serta untuk framing.

Perekaman video Full HD dengan berbagai tool kreatif
K-3 II mampu menangkap klip Full HD movie (1920x1080p, 60i/30p frame rate) dengan format H.264. Tak cukup dengan kamampuan tersebut, kamera ini juga dilengkapi dengan terminal mic stereo untuk koneksi mikrofon eksternal dan terminal headphone.  Selain itu pengguna juga dapat melakukan penyesuaian tingkat rekaman audio secara manual dan memantau tingkat tekanan suara mikrofon selama rekaman. Selain sejumlah efek visual yang khas untuk perekaman film, K-3 II juga menyediakan modus interval movie yang menangkap serangkaian klip video 4K pada interval yang tetap.

Layar LCD 3,2 inch dengan 103.700-dot

Pada panel belakang kamera terdapat layar monitor LCD dengan lebar 3,2 inch dengan sekitar 103.700 titik dan 3:2 aspek rasio.  Selain desain wide-view, monitor ini juga memiliki panel tempered-glass sebagai pelindung dan menambah daya tahan, selain itu kontruksi air-gapless unik di mana ruang udara antara lapisan LCD dihilangkan, sehingga lebih efektif mengurangi refleksi dan dispersi cahaya dan hasilkan visibilitas meningkat saat digunakan diluar ruangan.

Body kompak dan padat dengan anti debu dan kontruksi tahan cuaca

Casing eksterior K-3 II dari panel atas, bawah, depan dan frame belakang dibuat dari bahan magnesium alloy yang kokohnamun ringan. Semua itu berkat masuknya 92 bagian penyegelan di body kamera yang menawarkan kontruksi tahan cuaca, tahan debu dan tahan suhu dingin, hal ini menjamin operasi tetap optimal pada suhu hingga -10 derajat celsius. K-3 II juga memiliki unit rana yang dapat diandalkan hingga mencapai 200.000 rilis rana.

Nah dengan penjelasan yang kami hadirkan di atas, diharapkan memberikan sedikit gambaran mengenai kamera Pentax K-3 II ini. Berbagai pengembangan tampak sebagai peningkatan yang cukup signifikan untuk menggantikan kamera pendahulunya. Kamera Pentax K-3 II ini dipastikan akan tersedia di pasaran pada Mei 2015 ini dengan perkiraan harga retail $1.099,95 (sekitar 14,2 juta). Selengkapnya silahkan simak spesifikasi lengkapnya berikut ini.

Spesifikasi Kamera DSLR Pentax K-3 II

Body type
Body type Mid-size SLR
Body material Magnesium alloy
Sensor
Max resolution 6016 x 4000
Other resolutions 4608 x 3072, 3072 x 2048, 1920 x 1080
Image ratio w:h 3:02
Effective pixels 24 megapixels
Sensor photo detectors 25 megapixels
Sensor size APS-C (23.5 x 15.6 mm)
Sensor type CMOS
Processor Prime III
Color space sRGB, Adobe RGB
Color filter array Primary Color Filter
Image
ISO Auto, 100 - 51200
White balance presets 9
Custom white balance Yes (3 slots)
Image stabilization Sensor-shift
Image stabilization notes 4.5 stops of shake reduction
Uncompressed format RAW
JPEG quality levels Best, better, good
File format JPEG (Exif v2.3)
Raw (PEF/DNG)
Optics & Focus
Autofocus Contrast Detect (sensor), Phase Detect, Multi-area, Center, Selective single-point, Tracking, Single, Continuous, Face Detection, Live View
Autofocus assist lamp Yes
Digital zoom No
Manual focus Yes
Number of focus points 27
Lens mount Pentax KAF2
Focal length multiplier 1.5×
Screen / viewfinder
Articulated LCD Fixed
Screen size 3.2″
Screen dots 1,037,000
Touch screen No
Screen type TFT LCD monitor
Live view Yes
Viewfinder type Optical (pentaprism)
Viewfinder coverage 100%
Viewfinder magnification 0.95×
Photography features
Minimum shutter speed 30 sec
Maximum shutter speed 1/8000 sec
Exposure modes Green, Hyper Program (P), Sensitivity Priority (Sv), Shutter Priority (Tv), Aperture Priority (Av), Shutter and Aperture Priority (TAv), Metered Manual (M), Bulb, X-Speed, User (3)
Built-in flash No
External flash Yes (Hot shoe, flash sync port)
Flash modes Auto Flash Discharge, Auto Flash + Red-eye Reduction, Flash On, Flash On + Red-eye Reduction, Slow-speed Sync, Slow-speed Sync + Red-eye, P-TTL, Trailing Curtain Sync, Contrast-control-sync, High-speed sync, Wireless sync (available with dedicated external flash)
Flash X sync speed 1/180 sec
Drive modes Single frame, Continuous (H, M, L), Self-timer (2, 12 sec), Remote control (immediate, 3 sec), Mirror-up, Interval shooting, Interval composite
Continuous drive 8.3 fps
Self-timer Yes ( 2 or 12 seconds)
Metering modes Multi
Center-weighted
Spot
Exposure compensation ±5 (at 1/3 EV, 1/2 EV steps)
AE Bracketing ±2 (2, 3, 5 frames at 1/3 EV, 1/2 EV steps)
WB Bracketing No
Videography features
Resolutions 1920 x 1080 (60i, 50i, 30p, 25p, 24p), 1280 x 720 (60p, 50p, 30p, 25p, 24p)
Format MPEG-4, H.264
Microphone Mono
Speaker Mono
Storage
Storage types Dual SD/SDHC/SDXC
Connectivity
USB USB 3.0 (5 GBit/sec)
HDMI Yes (mini)
Microphone port Yes
Headphone port Yes
Wireless Optional
Wireless notes Special version of Flu Card available
Remote control Yes (optional, wired or wireless)
Physical
Environmentally sealed Yes (Weather and dust resistant)
Battery Battery Pack
Battery description Lithium-Ion D-LI90 rechargeable battery & charger
Battery Life (CIPA) 720
Weight (inc. batteries) 800 g (1.76 lb / 28.22 oz)
Dimensions 131 x 100 x 77 mm (5.16 x 3.94 x 3.03″)
Other features
Orientation sensor Yes
Timelapse recording Yes (up to 9999 pictures)
GPS BuiltIn
GPS notes Records lat/long, altitude, time, and direction

Blog, Updated at: 11.20