Review Canon XC10 4K Camcoder Harga dan Spesifikasi Lengkap

AneKamera - Canon sebagai salah satu pemimpin dalam dunia digital imaging dengan bangga kembali memperkenalkan produk barunya. Produk baru kali ini diperkenalkan dengan nama Canon XC10 4K Digital Camcoder. XC10 dirancang dengan sangat baik dengan mengedepankan rancangan yang kompak, ringan serta memberikan kesan serbaguna. Selain itu XC10 juga dirancang untuk memberikan sebuah output video dengan resolusi yang sangat tinggi yaitu full HD dan 4K, serta memberikan 12 megapixel untuk gambar diam. Camcoder ini juga memberikan built-in fungsi untuk mengekstrak 8 megapixel gambar diam dari rekaman 4K. Hal ini membuat Canon XC10 menjadi salah satu perangkat multimedia yang paling nyaman saat ini.

Selain kemampuan merekam video Full HD dan 4K, camcoder XC10 cukup membanggakan dengan sensor CMOS tipe 1-inch beresolusi 12 megapixel, dengan 10x Wide-Angle Zoom Lens dan 2x Digital Teleconverter serta Optical Image Stabilization yang memungkinkan untuk membuat video rock-steady dan juga untuk menembak gambar. Camcoder digital ini merupakan perangkat yang sangat ideal bagi para pengguna yang memiliki daya kreativitas dan profesionalisme yang tinggi untuk memproduksi video berkualitas 4K dengan biaya yang rendah. Canon XC10 juga cocok bagi para jurnalisme multimedia maupun kantor berita yang ingin mengembangkan kualitas videonya ke 4K dengan mudah.

Untuk anda yang tertarik dengan cmacoder Canon XC10 dan ingin melihat lebih jauh apa saja yang ditawarkan oleh Canon melalui produk barunya kali ini, silahkan anda simak review singkatnya berikut ini.

Pengembangan 4K Imaging System Terbaru

Dengan mengusung sensor CMOS 12 megapixel pada Canon XC10 digital camcoder ini memberikan 12 stop dari rentang dinamis untuk detail yang menakjubkan pada dua kondisi berbeda baik highlight maupun lowlight, baik untuk video maupun untuk foto. Selain itu 10x zoom lensa Wide-Angle menawarkan rasio zoom 35mm (setara 24.1-241mm untuk foto dan 27.3-273mm untuk video) namun tetap kompak dengan penggunaan dua elemen lensa UD, dua elemen lensa Hi-UD, tiga permukaan dan duappiece lensa aspherical.

Diluar itu camcoder Canon XC10 untuk menghasilkan sistem imaging 4K yang baik menggabungkan kekuatan sensor dengan prosesor DIGIC DV5 yang canggih dan eksklusif serta 5-axis image stabilization untuk mengatur cepat dan lambat pada perekaman subjek bergerak. Untuk memastikan kualitas video dan foto pada standar tertinggi, XC10 menggunakan dua codec baru. Saat merekam video 4K, digunakan kualitas gambar tinggi XF-AVC infra codec. Sedangkan untuk perekaman video full HD menggunakan XF-AVC Long GOP untuk menjaga kualitas gambar yang tinggi dan kecepatan daa yang efisien.

Operabilitas Canggih dan Shooting Mode
Inovasi operabilitas dirancang untuk Canon XC10 untuk memfasilitasi ekspresi kreatif dan kemampuan untuk menangkap video 4K dan Full HD yang luar biasa serta gambar diam dengan resolusi tinggi. Sebuah ring fokus dan tombol AF ditempatkan pada posisi yang nyaman untuk mendukung pengguna dapat melakukan operasi fokus dengan lebih baik. Sementara itu mode Continous AF dengan face detection memungkinkan pengguna menembak subjek dengan penuh percaya diri di lingkungan yang menantang.

Untuk mendukung kualitas video 4K dan full HD, Canon XC10 memberikan jack mikrofon dan headphone bersama dengan built-in microphone untuk memonitor suara yang lebih profesional. Selain itu juga ditempatkan sebuah monitor LCD Vari-Angle yang menampilkan touch-panel kapasitif untuk kontrol yang intuitif. Kontrol tersebut juga dipadukan dengan pengangan tangan yang bisa diputar untuk memaksimalkan kemampuan pengguna untuk menembak video maupun gambar dalam berbagai sudut. Selain itu XC10 juga memberikan built-in dual-band 5GHz dan jaringan nirkabel 2,4GHz untuk mempermudah pengoperasian camcoder dari jarak jauh melalui web browser, smartphone, tablet atau perangkat lain yang kompatibel. Fungsi nirkabel juga menyediakan preview browser gambar yang direkam tanpa perlu menghapus media dari camcoder.

Fitur still fotografi XC10 yang layak diacungi jempol adalah rana mekanik untuk membantu menghilangkan distorsi rolling-shutter, kinerja hingga 3,8 frame per detik, dukungan untuk beberapa aspek rasio dan kompatiibilitas dengan aksesoris sistem EOS seperti baterai LP-E6N, unit flash speedlite, Canon GPS receiver dan remote kontrol.

Performa luar biasa dengan ukuran kompak

Selain fitur kenerja yang menakjubkan, ukuran body yang kompak dan ringannya camcoder Canon XC10 merupakan sebuah aset yang paling berharga. XC10 memiliki ukuran kurang dari 5-inch pada setiap dimenasi (approx. 4,9x4.0x4,8 inci, WxHxD) dan beratnya hanya 1040 gram dengan baterai LP-E6 dan dua kartu memori. Bisa dikatakan Canon XC10 memang dirancang untuk mobilitas tinggi dan kemyamanan dalam menembak.

Review Canon XC10 4K Camcoder Harga dan Spesifikasi Lengkap

Camcoder Canon XC10 dijadwalkan akan segera hadir pada bulan Juni 2015. Harga yang diatawarkan untuk camcoder Canon XC10 ini diperkirakan dengan harga retail sebesar $2,499 (sekitar 32,4 juta) dengan memori 64GB. Untuk melihat lebih jauh silahkan simak spesifikasi lengkapnya berikut ini.

Spesifikasi Camcoder Canon XC10

Body type
Body type Large sensor compact
Sensor
Max resolution 4000 x 3000
Other resolutions 4000 x 2664 (3:2), 3840 x 2160 (4K video stills), 640 x 480
Image ratio w:h 4:3, 3:2, 16:9
Effective pixels 12 megapixels
Sensor photo detectors 13 megapixels
Sensor size 1″ (12.8 x 9.6 mm)
Sensor type CMOS
Processor DIGIC DV5
Color space sRGB
Color filter array Primary color filter
Image
White balance presets 7
Custom white balance Yes (2 slots)
Image stabilization Optical
Uncompressed format No
File format JPEG (Exif v2.3)
Optics & Focus
Focal length (equiv.) 24–241 mm
Optical zoom 10×
Maximum aperture F2.8 - F5.6
Autofocus Contrast Detect (sensor), Multi-area, Center, Selective single-point, Tracking,  Single, Continuous, Touch, Face Detection, Live View
Autofocus assist lamp No
Digital zoom Yes (2x)
Manual focus Yes
Normal focus range 50 cm (19.69″)
Macro focus range 8 cm (3.15″)
Number of focus points 9
Screen / viewfinder
Articulated LCD Tilting
Screen size 3″
Screen dots 1,030,000
Touch screen Yes
Screen type TFT-LCD
Live view Yes
Viewfinder type None
Photography features
Minimum shutter speed 60 sec
Maximum shutter speed 1/2000 sec
Exposure modes Auto, Program, Shutter priority, Aperture priority, Manual
Scene modes Portrait, Sports, Night, Scene, Snow, Beach, Sunset, Low Light, Spotlight Fireworks
Built-in flash No
External flash Yes (via hot shoe)
Drive modes Single shot, Continuous, AF Continuous, Interval Recording
Continuous drive 3.8 fps
Self-timer Yes
Metering modes Multi
Center-weighted
Highlight-weighted
Spot
Videography features
Resolutions 4K UHD 3840 x 2160 (30p), 1920 x 1080 (60p, 30p, 24p) 1280 x 720 (120p, 100p)
Format XF-AVC, H.264
Videography notes 4K uses XF-AVC Intra codec and must be recorded to CFast card or output over HDMI. 1080p uses XF-AVC Long and can be saved to SD card.
Microphone Stereo
Speaker Mono
Storage
Storage types CFast, SD/SDHC/SDXC
Connectivity
USB USB 2.0 (480 Mbit/sec)
HDMI Yes (mini-HDMI v1.4)
Microphone port Yes
Headphone port Yes
Wireless Built-In
Wireless notes with smartphone and web-based remote capture
Remote control Yes (wired, wireless, or smartphone)
Physical
Environmentally sealed No
Battery Battery Pack
Battery description LP-E6N lithium-ion battery & charger
Weight (inc. batteries) 1040 g (2.29 lb / 36.68 oz)
Dimensions 125 x 102 x 122 mm (4.92 x 4.02 x 4.8″)
Other features
Orientation sensor Yes
Timelapse recording Yes
GPS None

Blog, Updated at: 08.18