Review Kamera DSLR Nikon D5500 Harga dan Spesifikasi Lengkap

AneKamera - Menyambut tahun baru 2015 kali ini kita akan membahas review kamera DSLR Nikon D5500. Kamera terbarunya ini menambah koleksi Nikon di lini entry level dengan tampilan penuh gaya. Kamera ini digadang sebagai kamera yang ringan namun kokoh. Tak hanya sebatas itu kamera baru tersebut juga dijejali dengan tambahan fitur yang sangat menakjubkan. Sebagai kamera penerus Nikon D5300 sebagai pendahulunya kamera baru ini masih mewarisi fitur yang sama seperti kemampuan merekam video full HD, built-in Wi-FI. Hal yang terbaru yang diusung oleh Nikon D5500 adalah diadopsikannya layar LCD 3,2 inch dengan fitur layar sentuh untuk operasi yang mudah. Nikon D5500 adalah kamera entry level pertama yang mengusung teknologi layar sentuh tersebut. Untuk lebih jauh mengenal kamera Nikon D5500 mari kita lihat review singkatnya berikut ini.

Sensor

Nikon D5500 mengusung sensor setinggi 24,2 megapixel DX-format CMOS APS-C tanpa low pass filter optik atau filter anti-aliasing. Artinya penggunaan sensor pada kamera baru ini masih mewarisi apa yang ada pada Nikon D5300 sebagai pendahulunya. Lalu apa fungsi filter yang di tiadakan dalam hal ini? Filter AA dalam hal ini berfungsi untuk mengurangi efek moire. Namun filter tersebut kini sudah ditinggalkan, karena dengan semakin tinggi nilai sensor efek moire yang muncul bisa diabaikan. Efek lain yang muncul dengan dihilangkannya filter tersebut justru akan memberikan keuntungan lain yaitu memberikan ketajaman yang jauh lebih baik pada gambar yang dihasilkan. Selain kelebihan yang didapat dari sensornya yang tinggi kamera ini juga telah dijejali dengan prosesor gambar EXPEED 4. Dengan prosesor gambar terbaru tersebut kinerja Nikon D5500 akan semakin cepat dalam mengolah data.

Layar dan Viewfinder

Fitur yang benar-benar baru telah dijejalkan pada kamera baru di tahun baru pula. Sebuah layar LCD dengan lebar 3,2 inch mengalami perbaikan yang sangat signifikan dari pendahulunya dimana D5500 telah mengadopsi fitur touch screen. Penambahan fitur layar sentuh sekaligus mengukuhkan Nikon D5500 sebagai kamera entry level pertama yang mengusung teknologi tersebut. Layar LCD ini juga memiliki lebihan lain seperti para pndahulunya yaitu bisa di buka dan diputar sehingga memudahkan pengguna untuk mengambil gambar dari sudut yang menarik. Layar yang terpasang pada kamera ini memiliki 1,37M dot yang membuatnya dapat terlihat jelas pada kondisi terang. Namun sangat di sayangkan dengan penambahan yang menakjubkan ini harus mengorbankan fitur lain untuk hilang yaitu tanpa ada GPS built-in.

Viewfinder untuk kamera ini masih menggunakan yang sama dengan pendahulunya yang menggunakan optical viewfinder dengan tipe pentamirror. viewfinder ini mampu memberi cakupan area hingga 95% dan pembesaran hingga 0,83x.

Video

Kamera ini juga memberikan tambahan yang juga menarik untuk diperhatikan yaitu kemampuan merekam video. Meskipun fitur ini bukan sebagai fitur utama namun cukup sering berguna bagi para pengguna. Kamera ini mampu digunakan untuk emerekam video dengan kualitas full HD 1080 pada 60 fps. Hal ini sebenarnya tidak ada peningkatan dari kamera pendahulunya namun dengan kualita perekaman video yang ada cukup memberikan kepuasan bagi para penggunanya. Dengan fitur tersebut tak hanya menarik para fotografer namun juga para videografer.

Review Kamera DSLR Nikon D5500 Harga dan Spesifikasi Lengkap

Konektivitas

Kamera terbaru rasanya akan aneh tanpa pelengkap konektivitas yang menarik. Dengan pertimbangan tersebut Nikon menambahkan berbagai kemudahan untuk terkoneksi dengan perangkat lain. Terdapatnya slot USB 2.0 cukup membantu pengguna untuk terhubung ke perangkat lain seperti komputer atau perangkat lain yang kompatibel. Dilengkapi dengan mini-HDMI juga memberikan kemudahan untuk melihat hasil dengan layar TV yang lebih besar. Yang sangat menarik adalah adanya built-in Wi-Fi, dengan fitur konektivitas ini pengguna dapat terhubung dengan cepat dengan perangkat smartphone atau perangakat lain yang kompatibel. Wi-Fi juga dapat dihubungkan dengan remote kontrol untuk pengambilan gambar dari jarak jauh.

Nah melihat dari review kamera DSLR Nikon D5500 di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kamera ini memberikan kemudahan operasi dengan fitur layar sentuh, Namun disayangkan penambahan yang baik justru menghilangkan fitur GPS nya. Secara keseluruhan teknologi yang diusung selain kedua hal tersebut sama dengan pendahulunya.

Kamera Nikon D5500 ini kemungkinan akana tersedia pada awal bulan Februari, jadi harga tepatnya masih belum bisa kita berikan saat ini. Namun perkiraan harga dari kamera ini akan dijual dengan harga $897 atau Rp. 11 jutaan (Body). Harga selengkapnya bisa anda lihat di Harga Kamera DSLR Nikon Terbaru.

Spesifikasi Kamera DSLR Nikon D5500

Body type
Body type Compact SLR
Sensor
Max resolution 6000 x 4000
Other resolutions 4496 x 3000, 2992 x 2000
Image ratio w:h 3:02
Effective pixels 24 megapixels
Sensor photo detectors 25 megapixels
Sensor size APS-C (23.5 x 15.6 mm)
Sensor type CMOS
Processor Expeed 4
Color space sRGB, Adobe RGB
Color filter array Primary color filter
Image
ISO Auto, 100 - 25600
White balance presets 12
Custom white balance Yes (1)
Image stabilization No
Uncompressed format RAW
JPEG quality levels Fine, Normal, Basic
File format JPEG: Fine, Normal, Basic
RAW: 12- or 14-bit, compressed
DPOF compatible
DCF 2.0 compliant
Optics & Focus
Autofocus Contrast Detect (sensor), Phase Detect, Multi-area, Center, Selective single-point, Tracking, Single, Continuous, Touch, Face Detection, Live View
Autofocus assist lamp Yes
Digital zoom No
Manual focus Yes
Number of focus points 39
Lens mount Nikon F
Focal length multiplier 1.5×
Screen / viewfinder
Articulated LCD Fully articulated
Screen size 3.2″
Screen dots 1,037,000
Touch screen Yes
Screen type TFT LCD monitor
Live view Yes
Viewfinder type Optical (pentamirror)
Viewfinder coverage 95%
Viewfinder magnification 0.82×
Photography features
Minimum shutter speed 30 sec
Maximum shutter speed 1/4000 sec
Exposure modes Programmed auto with flexible program (P)
Shutter-priority (S)
Aperture priority (A)
Manual (M)
Scene modes Autumn Colors, Beach / Snow, Blossom, Candlelight, Child, Close-up, Dusk / Dawn, Food, Landscape, Night Landscape, Night Portrait, Party / Indoor, Pet Portrait, Portrait, Sports, Sunset, Special Effects Mode
Built-in flash Yes (Pop-up)
Flash range 12.00 m (at ISO 100)
External flash Yes (Hot-shoe)
Flash modes Auto, On, Off, Red-eye, Slow sync, Rear curtain
Flash X sync speed 1/200 sec
Drive modes Single frame, Continuous (low, high), Self-timer, Delayed remote, Quick-response remote, Quiet shutter release, Interval timer
Continuous drive 5.0 fps
Self-timer Yes (2, 5, 10 or 20 sec)
Metering modes Multi
Center-weighted
Spot
Exposure compensation ±5 (at 1/3 EV, 1/2 EV steps)
AE Bracketing ±2 (3 frames at 1/3 EV, 1/2 EV steps)
WB Bracketing Yes (3 frames in either blue/amber or magenta/green axis)
Videography features
Resolutions 1920 x 1080 (60, 50, 30, 25, 24 fps), 1280 x 720 (60, 50, 30, 25 fps), 640 x 424 (30, 25 fps)
Format MPEG-4, H.264
Microphone Stereo
Speaker Mono
Storage
Storage types SD/SDHC/SDXC
Connectivity
USB USB 2.0 (480 Mbit/sec)
HDMI Yes (mini-HDMI)
Wireless Built-In
Wireless notes Remote control / photo retrieval via smartphone
Remote control Yes (MC-DC2 (wired), WR-1/WR-R10 (wireless))
Physical
Environmentally sealed No
Battery Battery Pack
Battery description EN-EL14 / EN-EL14a lithium-ion battery & charger
Battery Life (CIPA) 820
Weight (inc. batteries) 420 g (0.93 lb / 14.82 oz)
Dimensions 124 x 97 x 70 mm (4.88 x 3.82 x 2.76″)
Other features
Orientation sensor Yes
Timelapse recording Yes
GPS None

Blog, Updated at: 09.28