Review Kamera Fujifilm X-T1 Harga dan Spesifikasi Lengkap

AneKamera - Kali ini kita akan coba Review Kamera Fujifilm X-T1 yang merupakan jenis kamera mirrorless. Kamera mirrorless ini hadir dengan berbagai fitur unggulan untuk menantang berbagai pesaingnya. Ia hadir dengan fitur seperti lensa interchangeable yang mampu membuat lensa kamera ini dilepas dan digonta – ganti. Ia juga memiliki viewfinder yang mampu menampilkan gambar real time dengan lag time hanya sekitar 1/200 detik.

Kamera Mirrorless ini hadir dengan tampilan gaya kamera SLR. Ia dilengkapi dukungan mekanik yang membuat kamera ini mampu berkerja di berbagai cuaca dan memiliki kecepatan yang tinggi. X-T1 ini memiliki kombinasi wide angle dengan pembesaran hingga 0,77 kali. Performa X-T1 semakin menjanjikan dengan dukungan prosesor EXR processor II dan juga dukungan sensor dari X-trans CMOS II yang membuat kamera ini mampu mengendalikan colour false and moire.

Kamera FUJIFILM X-T1 ini memiliki kemampuan memotret objek dengan kecepatan hingga 8fps dengan mode AF.kamera X-T1 ini sendiri merupakan salah satu model kamera pertama yang mampu mengusung kartu memori berformat SDXC UHS-II yang mampu membaca dan menulis data dengan kecepatan dua kali lipat lebih baik.

Kamera ini memiliki keunggulan lain di sisi bodinya. Bodi yang membungkusnya mampu melindungi X-T1 terhadap serangan kelembapan dan juga kotoran. Bahkan Fujifilm mengklaim bahwa kamera buatannya ini mampu bertahan dalam kondisi ekstrim yang bersuhu hingga minus 10 derajat celcius. Berkat dukungan LCD yang kokoh, kamera ini memang pantas diajak untuk bergulat diluar ruangan.

Untuk membuat kamera Fujifilm X-T1 ini menjadi semakin lengkap, Fujifilm langsung meluncurkan 3 varian lensa zoom yang tahan berbagai cuaca.  Lensa pertama yang dikeluarkan adalah XF18-135mm dan akan diluncurkan bulan juni ditahun ini, namun sayangnya dua lensa yang lain tidak disebutkan kapan akan keluar.

Kamera X-T1 ini memiliki 2 dial perintah yang ada dibagian belakang dan depan, 6 buah tombol fungsi yang dapat disesuaikan serta tak ketinggalan 5 tombol dial mekanik di bagian top-plate. Fungsi pengaturan dari kamera X-T1 ini ternyata dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus menggunakan LCD yang disediakan. Fungsi dial yang digunakan Fujifilm juga sudah diatur sedemikian rupa, sehingga sangat mudah dikendalikan tanpa harus memalingkan mata dari viewfinder.

Review Kamera Fujifilm X-T1 Harga dan Spesifikasi Lengkap

Harga yang ditawarkan untuk kamera X-T1 keren besutan Fujifilm ini tergolong masih cukup mahal, namun dengan spesifikasi yang disebutkan kamera ini layak diberi label harga di kisaran 16 jutaan saat ini dan harga bisa berubah sewaktu-waktu. Namun semua terserah anda yang akan memilihnya, jangan samapi salah memilih karena sebuah kamera akan menjadi teman sejati dalam mengabadikan moment dalam hidup anda.

Spesifikasi Lengkap Kamera Fujifilm X-T1 

Body type
Body type SLR-style mirrorless
Sensor
Max resolution 4896 x 3264
Image ratio w:h 1:1, 3:2, 16:9
Effective pixels 16 megapixels
Sensor photo detectors 17 megapixels
Sensor size APS-C (23.6 x 15.6 mm)
Sensor type CMOS
Processor EXR Processor II
Image
ISO 200-6400 (RAW), 100-51200 (JPEG)
White balance presets 8
Custom white balance Yes
Image stabilization No
Uncompressed format RAW
JPEG quality levels Large, Medium, Small
Optics & Focus
Autofocus Contrast Detect (sensor), Phase Detect, Multi-area, Center, Selective single-point,  Continuous, Face Detection, Live View
Manual focus Yes (MF Distance Indicator)
Lens mount Fujifilm X
Focal length multiplier 1.5×
Screen / viewfinder
Articulated LCD Tilting
Screen size 3″
Screen dots 1,040,000
Touch screen No
Screen type TFT LCD (RGBW)
Live view Yes
Viewfinder type Electronic
Viewfinder coverage 100%
Viewfinder magnification 0.77×
Viewfinder resolution 2,360,000
Photography features
Minimum shutter speed 30 sec
Maximum shutter speed 1/4000 sec
Aperture priority Yes
Shutter priority Yes
Manual exposure mode Yes
Built-in flash No (External flash EF-X8 included)
Flash range 8.00 m (ISO100)
External flash Yes (Dedicated TTL flash compatible hot shoe)
Flash modes Activated when external flash is connected Red-eye removal OFF: Auto / Forced Flash / Slow Synchro / Suppressed Flash / Rear-curtain Synchro / Commander Red-eye removal ON: Red-eye Reduction Auto / Red-eye Reduction & Forced Flash / Suppressed Flash / Red-eye Reduction & Slow Synchro / Red-eye Reduction & Rear-curtain Synchro / Commander
Continuous drive 8 fps
Self-timer Yes (10sec. / 2sec. Delay)
Metering modes Multi
Center-weighted
Spot
Exposure compensation ±3 (at 1/3 EV steps)
AE Bracketing (at 1/3 EV, 2/3 EV, 1 EV steps)
WB Bracketing Yes (+/- 1 to +/- 3)
Videography features
Resolutions 1920 x 1080 (30, 60p), 1280 x 720 (30p, 60p)
Format H.264
Microphone Stereo
Speaker Mono
Storage
Storage types SD / SDHC / SDXC (UHS-II)
Connectivity
USB USB 2.0 (480 Mbit/sec)
HDMI Yes (mini HDMI)
Wireless Built-In
Wireless notes Geotagging / Wireless communication (Image transfer) / View & Obtain Images / Remote camera shooting / PC Autosave
Remote control Yes (RR-90 remote release (not included))
Physical
Environmentally sealed Yes
Battery Battery Pack
Battery description NP-W126
Battery Life (CIPA) 350
Weight (inc. batteries) 440 g (0.97 lb / 15.52 oz)
Dimensions 129 x 90 x 47 mm (5.08 x 3.54 x 1.84″)
Other features
Orientation sensor Yes
Timelapse recording Yes (Setting: Interval, Number of shots, Starting time)
GPS Optional
GPS notes via smartphone



Blog, Updated at: 20.43